Monday, January 19, 2015

Suara Perih Perempuan

Suara Perih Perempuan : Lesbian & Kawin Bule


Judul Buku : Suara Perih Perempuan : Lesbian dan Kawin Bule
Penulis : Putri Kartini
Penerbit : Galang Press, Yogyakarta
Hal : 335 halaman
Cetakan I, September 2003
Cetakan II, Februari 2006



Sania, namanya. Dia menjadi perempuan yang berbeda. Belaian cinta dan kasih sayang sesama jenisnya yang dirindukannya. Berbagai penderitaan dan pelecehan yang diterimanya, menjadikan dia terpuruk di titik nadir. Mencintai sesamanya adalah pilihan.

Perempuan selalu menjadi korban. Perempuan selalu menjadi objek. Baik atas nama norma adat, norma agama dia dipandang sebagai kelas kedua. Banyak perempuan yang kehilangan kesadaran akan eksistensinya sebagai makhluk yang seharusnya sejajar dengan kaum laki-laki.

Hari-hari Sania yang hidup di antara nyinyiran masyarakat. Yang menganggap dirinya seperti binatang. Binatang yang bercinta dengan sesamanya. Entah..apakah ada binatang yang mengawini sesama jenisnya ya?

Bertemu sesama wanita uang lain, kehadiran dirinya  juga bukan hanya menimbulkan kejengkelan. Tetapi bisa kekhawatiran kalau tertular dirinya. Perjalanan panjang yang sulit untuk dilewati oleh seorang Sania.

Pintu hatinya tertutup rapat-rapat untuk jenis lelaki manapun.
Entah sampai kapan terus bertahan ketika bertemu dengan bule yang memberi harapan baru padanya. Menghilangkan ketakutan terhadap lelaki sekaligus mengangkat derajatnya sama dengan mereka.

"Walaupun mereka memanggilku perempuan hina dina penuh noda, tetapi hatiku begitu putih, seputih susu ibu yang telah memberiku kehidupan".

Masyarakat menilainya dari sudut pandang aspek dan moralitas saja, Tanpa mau melihat kehidupan Sania secara utuh. Hidup terus berjalan...dan harus kuat menghadapi. Selalu berbuat baik untuk kehidupan manusia yang lain.

Bahkan selalu siap berkorban...

Ditulis oleh: Arsyad R Bahasa dan Sastra Updated at : 5:42 AM

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...