Thursday, February 26, 2015

Bahasa Indonesia untuk Orang Asing

Bahasa Indonesia untuk Orang Asing, Daily Bahasa Indonesia for Foreigners
Ada rasa berbeda ketika membaca buku yang berjudul Survival Indonesian. Daily Bahasa Indonesia for Foreigner. An Elementary Course yang ditulis oleh Tina Mariani. Ada rasa bangga ternyata ada buku yang membahas bahasa Indonesia untuk orang asing.

Biasanya, di toko-toko adanya buku-buku bahasa asing yang ditujukan untuk orang Indonesia. Baik cara belajar bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Perancis, Bahasa China, Bahasa Arab dan sebagainya. Kesannya kita bangsa Indonesia yang butuh untuk menguasai berbagai bahasa di dunia.

Tentunya, si pengarang ya tidak berpikiran ke arah sana. Menulis buku tersebut memang ditujukan untuk menuntun orang-orang asing yang akan berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis atau kepentingan yang lain.

Tetapi apapun itu, buku ini memang disajikan secara menarik, yang berisi lebih dari 40 dialog dengan menggunakan bahasa Indonesia seperti yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari unit 1 yang berisi pengenalan diri sendiri. Standar seperti buku-buku bahasa Inggris, yang diawali dengan Introducing Your Self. Bedanya pada buku Daily Bahasa Indonesia for Foreigner ini, digunakan bahasa Indonesia baru pada kolom sebelahnya versi Inggrisnya. Kalau buku belajar bahasa Inggris, dituliskan bahasa Inggrisnya dulu, baru versi bahasa Indonesia ditaruh di bawahnya ataupun di kolom sebelah kanan.

Demikian juga untuk bab-bab selanjutnya, teks bahasa Indonesia ditampilkan terlebih dahulu baru teks dalam versi bahasa Inggrisnya. Ya, memang harusnya cukup adil bagi kita, jangan sekedar menulis buku-buku belajar bahasa asing untuk kita pelajari. Tetapi sebaliknya, kita buat buku tentang bahasa Indonesia yang ditujukan bagi orang-orang luar yang akan berkunjung ke Indonesia.

Semangat. Terus belajar dan berkarya demi perkembangan bahasa Indonesia tercinta ini.

Ditulis oleh: Arsyad R Bahasa dan Sastra Updated at : 12:15 AM

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...