Monday, March 7, 2016

Buku dan Pengarang

Buku dan PengarangBuku dan Pengarang yang ditulis oleh Yus Badudu ini diterbitkan pertama kali tahun 1973 dan hingga tahun 1990 telah mengalami cetak ulang hingga belasan kali. Meski demikian, saya baru memilikinya baru beberapa waktu lalu di sebuah toko di Purwokerto. Buku dan Pengarang yang kudapat ini tertulis cetakan pertama setelah revisi, Maret 2008 diterbitkan oleh Khazanah Bahari Bandung. Tidak rugi pokoknya membaca dan memiliki buku ini. Jadi bisa mengingat berbagai karya sastra yang dulu pernah saya baca sekaligus juga bisa membayangkan isi karya sasta lain yang memang belum sempat saya baca. 
Dari Buku dan Pengarang yang ditulis oleh Yus Badudu ini kita bisa mengambil inti sari dari berbagai karya sastra di Indonesia. Termasuk di dalamnya latar belakang sosiologis dan psikologis suatu peristiwa. Alur cerita, gaya bercerita, gaya bahasa dan banyak hal dari berbagai latar belakangnya. Apalagi kalau kita tidak bisa membaca langsung, tentunya buku ini sangat membantu untuk mengenal karya-karya besar sastrawan Indonesia.

Tentunya, agar lebih puas dan lebih lengkap pengetahuan kita terhadap karya-karya sastra Indonesia, alangkah baiknya untuk membaca sendiri karya-karya tersebut. Sudah mulai gampang kok menemukan karya-karya sastra yang dicetak ulang dengan kualitas cetakan yang jauh lebih baik ketimbang cetakan yang dahulu.

Ada lima belas karya sastra yang dikupas dalam Buku dan Pengarang karya Yus Badudu ini.
  1. Siti Nurbaya - Marah Rusli, 1922
  2. Salah Asuhan - Abdul Muis, 1928
  3. Kasih Tak Terlarai - Suman Hasibuan, 1931
  4. Kalau Tak Untung - Selasih, 1933
  5. Katak Hendak Jadi Lembu - Nur St Iskandar, 1953
  6. Kehilangan Mestika - Hamidah, 1953
  7. Layar Terkembang - Sutan Takdir Alisyahbana, 1936
  8. I Swasti Setahun di Bedahulu - I Gusti Nyoman Panji Tisna, 1938
  9. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck - Hamka, 1938
  10. Belenggu - Armijn Pane, 1940
  11. Sedih dan Gembira - Usmar Ismail, 1948
  12. Atheis - Achdiat Kartamiharja, 1949
  13. Mekar Karena Memar - Alex L. Tobing, 1959
  14. Hati yang Damai - Nh. Dini, 1960
  15. Pagar Kawat Berduri - Trisnoyuwono, 1961
Membaca Buku dan Pengarang ini menjadi motivasi tersendiri untuk menuliskan ringkasan atau ulasan berbagai karya sastra di Indonesia. Bisa dengan berburu karya-karyanya secara langsung ataupun setidaknya lewat berbagai sumber lain. Termasuk dari buku ini dan juga berbagai ensiklopedi sastra Indonesia.




Ditulis oleh: Arsyad R Bahasa dan Sastra Updated at : 11:15 PM

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...