Saturday, January 24, 2015

Bentuk Resensi Buku

Bentuk Resensi Buku

resensi buku
Resensi Buku

Setidaknya ada 3 bentuk penyajian resensi buku, yaitu :
1. Meringkas
2. Menjabarkan 
3. Mengulas

Marilah kita jabarkan ketiga bentuk resensi tersebut.
1. Meringkas
Dalam sebuah buku, permasalahan yang ditulis biasanya masih melebar. Tugas seorang peresensi adalah membuat permasalahan yang ada dibuka menjadi padat jelas.

2. Menjabarkan
Menjabarkan artinya menguraikan hal-hal yang telah diringkas sebelumnya.

3. Mengulas
Mengulas artinya memberikan ulasan yang terdiri dari :
1) isi atau materi buku yang sudah dipadatkan kemudian diulas
2) organisasi/kerangka tubuh
3) bahasa yang digunakan
4) kesalahan cetak
5) perbandingan dengan buku sejenis
6) penilaian, terkait dengan keunggulan dan kelemahan buku

Dengan adanya ketiga bentuk resensi tersebut, tentu bukan tugas yang ringan untuk menjadi seorang peresensi  yang handal. Meringkas, menjabarkan dan mengulas menjadi kata kunci dalam membuat resensi.

Tidak boleh tidak kemampuan memahami isi buku yang akan diresensi tidak boleh ditawar lagi. Pengalaman selama ini mencoba menulis resensi, tidak sepenuhnya berusaha memahami isi buku tersebut. Bisa karena mengejar target. Tapi yang jelas, kurangnya rasa tanggung jawab dalam membuat resensi. Tepatnya belum sadar bahwa tugas seorang peresensi, selain memberikan pendapat atau opini terhadap isi buku, tetapi terlebih dulu memahami apa tujuan si pengarang/penulis buku. Bagaimana dia mengorganisir gagasannya. Detilkah? Runtutkah? Bagaimana bahasa yang dipakai? Tercapaikan tujuan penulisan bukunya?

Dari buku yang ada, kita harus bisa meringkas atau mencari inti sari permasalahan yang ditulis di buku tersebut dan tentunya menangkap solusi yang dijabarkan oleh penulis. Di samping itu, ketika memang apa yang sudah kita ringkas perlu penjelasan, maka seorang penulis resensi pun harus mampu menjabarkannya.

Dan tentunya bersikap jujur, adil/tidak berat sebelah, obyektif, melihat permasalahan secara utuh menjadi dasar bagi seorang peresensi buku.

Sumber bacaan : Warsidi, Edi. 2008. Resensi Buku : Apa dan Bagaimana Tekniknya. Mitra Utama

Ditulis oleh: Arsyad R Bahasa dan Sastra Updated at : 1:55 PM

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...